ANAK SAYA TAK PERLU DIPAKSA CALISTUNG (Inspirasi dari Mama Geniawati)

INSPIRASI KEMANDIRIAN DARI ANANDA QUENNA (Karakter Anak A.L.I.F.A)
26/09/2018
MENYIMAK KECERDASAN MEREKA DALAM BERINTERAKSI (Full Day Program yang Selalu Seru)
27/09/2018

Ayah Bunda,

Tantangan besar bagi para Ayah Bunda yang memiliki Anak usia dini adalah ketika berjumpa dengan keluarga besar atau teman yang sama-sama memiliki anak usia dini adalah ketika ditanya:

.

“Anaknya sudah bisa baca?

Sudah bisa berhitung?

Sudah jilid berapa?“

.

Seolah pendidikan usia dini hanya perkara mengasah kognitif semata. . .

 

Selalu gembira jika bisa bertemu dengan orang tua yang bersedia memberikan ruang kepada Ananda untuk berproses.

Menyadari bahwa kemampuan kognitif terbentuk jika melewati tahapan yang benar dan bahkan dipengaruhi oleh kematangan emosi anak.

 

Berinteraksi dengan bunda Geniawati, ibunda ananda Tita tentang keselarasan pendidikan di rumah dan di sekolah selalu menjadi hal yang ditunggu oleh bunda Guru.

 

Bunda Geni paham bahwa apa yang dilakukan saat ini di usia dini dalam rangka mempersiapkan Ananda melangkah ke tangga pendidikan berikutnya. Memperkuat pondasi menjadi penting agar ananda siap “berlari” sekencang yang ia mau.

 

Memang semestinya orang tua menjadi tempat pulang yang “aman” bagi ananda. Di mana ia tak merasa dibanding-bandingkan dan dicintai apa adanya.

Selagi dibutuhkan orang tua yang tangguh dan percaya kepada kemampuan anak.

 

Terimakasih, bunda Geni, telah menjadi orang tua yang A.L.I.F.A. Berani mengambil resiko untuk tidak menggegas anak dengan kemampuan kognitif semata.

 

Kami sangat menggantungkan harapan kepada para orang tua untuk menjadi arah perbaikan tujuan & proses pendidikan di Indonesia. Memutus mata rantai yang keliru. Tak hanya sekedar memaksakan hasil dan angka-angka.

 

Kita masih terlalu jauh dibandingkan Finlandia namun perlu kesabaran menempuh langkah-langkah kecil ke arah perubahan termasuk dari orang tua di keluarga masing-masing.

 

—-

Implementasi karakter Inisiatif, dimensi Pengambil Resiko

 

Karakter A.L.I.F.A

A : Amanah

L : Loyal pada Allah SWT

I : Inisiatif

F : Fathonah

A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat