Berkumpul dengan Ayah Bunda (Sesi Menyamakan Persepsi & Frekuensi)

Latihan Taat pada Ketentuan (Suplemen di Masa Orientasi)
17/07/2019
KARENA MEREKA AKAN MEMILIKI KEHIDUPAN SENDIRI (Program Fullday : Menyediakan Lingkungan yang Kondusif)
29/07/2019

Ayah Bunda,
Pertemuan sekolah dan orang tua semestinya tak sebatas membahas tentang aksi/ program selama satu tahun kedepan. Ada hal yang lebih esensial untuk dijadikan agenda pertemuan :
“Menyamakan persepsi dan frekuensi sebagai pendidik”.

Gesekan antara sekolah dan orang tua seringnya dikarenakan perbedaan sudut pandang dan keinginan.
Sementara setiap institusi pastinya memiliki cita-cita dan cara serta ketentuan yang menjadi hak setiap institusi.

Maka dalam proses memilih sekolah, orang tua perlu memeriksa apakah yang menjadi cita-cita keluarga dan institusi yang dipilih tersebut sudah selaras.

Tentu dalam memilih perlu pula paham akan esensi dari mendidik itu sendiri. Terlalu dangkal jika pertemuan sekolah dan orang tua hanya sebatas membahas “bungkus” bernama fasilitas dan program semata. Ananda memerlukan kejelasan dan ketajaman “isi” untuk mereka bertumbuh…

Setiap pihak perlu memperjelas apa yang menjadi skala prioritas. Setiap keluarga pun demikian. Berangkat dari apa yang menjadi “tujuan pendidikan di keluarga”.

Masalahnya, tak semua keluarga jelas dalam tujuan pendidikan di keluarganya. Tak jarang yang menyekolahkan Ananda hanya atas dasar ikut-ikutan semata lalu meminta hal-hal yang tak esensial di perjalanan.

Senang sekali mendapatkan feedback dari Ayah Bunda setelah melalui sesi singkat mengenal apa yang menjadi prioritas di Alifa Kids.
Apa yang menjadi “isi” yang sedang diperjuangkan bersama…
Tak sekedar mengomentari “bungkus” yang tak akan berpengaruh banyak pada pertumbuhan akal budi Ananda…

Para bunda guru pun bersiap lahir bathin menyambut sesi baru di tahun ajaran ini… Karena mendidik sejatinya menyediakan atmosfer bagi Anak. Apakah yang ia “hirup” adalah yang menyehatkan ataukah yang merusak jiwa, tubuh, hati dan pikirannya…

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat