INSPIRASI CERDAS EMOSI DARI ANANDA BAGAS

KETULUSAN HATI MENGIZINKAN MEREKA MELEWATI BERBAGAI TANTANGAN
11/10/2018
INSPIRASI KARAKTER FATHONAH DARI UMMI ANANDA RARA (Menjembatani Sekolah dan Orang Tua Siswa)
18/10/2018

Ayah Bunda,

Banyak yang mengandalkan hukuman dan iming-iming dalam proses mendidik anak. Hingga dewasa pun, hukuman menjadi alat yang digunakan dalam menertibkan.

 

Hal ini terjadi karena proses menggugah kesadaran yang tak berjalan. Padahal jika di keseharian terbiasa melatih berpikir, menganalisa, menimbang dan sejenisnya, maka setiap pribadi akan mampu mawas diri. Setiap diri pun akan menjadi pengingat bagi orang-orang di sekitarnya.

 

Seperti ananda Bagas yang memiliki kematangan emosi. Di keseharian, ia terbiasa menjadi penengah ketika ada teman yang berselisih. Dalam konsep sederhana, Bagas mengandalkan mediasi dan diskusi sebagai cara untuk memperbaiki interaksi.

 

Ananda yang disiplin ke sekolah ini selalu menunjukan perhatian dan kasih sayang kepada sesama teman maupun adik kelasnya. Di usianya, telah tumbuh kemampuan mengurus keperluan sendiri di sekolah.

 

Jika sudah tumbuh kompetensi diri, perilaku terpuji akan muncul secara otomatis.

 

Kami percaya bahwa proses bertumbuh ini menjadi lebih mudah karena dukungan kesamaan cita-cita dan proses mendidik di rumah.

 

Terimakasih, Ayah Bunda yang telah mempercayakan Ananda kepada kami dan menyelaraskan pendidikan di rumah dan di sekolah.

 

Mendidik jiwa titipan Allah bukan perkara sederhana. Tantangan bagi orang tua dan sekolah untuk tak terjebak dalam pola pikir serba instan.

 

Semoga Ananda Bagas mampu merawat karakter diri yang sudah mulai tumbuh ini.

—–

Karakter A.L.I.F.A

A : Amanah

L : Loyal pada Allah SWT

I : Inisiatif

F : Fathonah

A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat