INSPIRASI KARAKTER FATHONAH DARI UMMI ANANDA RARA (Menjembatani Sekolah dan Orang Tua Siswa)

INSPIRASI CERDAS EMOSI DARI ANANDA BAGAS
17/10/2018
PENDIDIK YANG BERANI MENERIMA TANTANGAN (Inspirasi Inisiatif dari Bunda Emi)
19/10/2018

INSPIRASI KARAKTER FATHONAH DARI UMMI ANANDA RARA

(Menjembatani Sekolah dan Orang Tua Siswa)

 

Ayah Bunda,

Mengelola ratusan siswa dan orang tua menjadi pekerjaan yang penuh tantangan bagi institusi sekolah. Berbagai miss-komunikasi dan salah persepsi pun tak dapat dihindari.

 

Menjadi kegembiraan tersendiri ketika sekolah menemukan orang tua yang komunikatif dan menyediakan waktu untuk berinteraksi dan saling memahami dengan warga sekolah lainnya.

 

Salah satunya adalah Ummi Rumaysa. Ibunda dari ananda Rara yang telah menjadi teman bagi bunda guru dalam berkolaborasi dalam proses mendidik ananda di sekolah dan di rumah.

 

Ummi sangat memahami bahwa pencapaian akademik tak hanya sebatas nilai melainkan pencapaian berupa perilaku yang tampak di keseharian. Sehingga menikmati dan mengizinkan ananda melewati berbagai tahapan proses bertumbuh menjadi sebuah perjalanan belajar bagi anak, guru dan orang tua.

 

Kepada sesama orang tua siswa lainnya, Ummi menjembatani komunikasi dan membagi informasi dan pemahaman. Beragamnya latar orang tua membutuhkan sosok yang komunikatif.

 

Salah satu tantangan yang dihadapi orang tua tentunya rasa khawatir, akankah ananda siap di sekolah dasar nanti. Menunggu bukti dan pencapaian yang juga butuh waktu. Tentu serba salah rasanya. Sehingga perlu hadir bersama para orang tua lainnya dan tak merasa sendiri.

Terimakasih Ummi, telah menjadi orang tua yang A.L.I.F.A. Menjadi sosok yang komunikatif dan menjembatani sekolah dan orang tua lainnya.

 

Kami sangat menggantungkan harapan kepada para orang tua untuk menjadi arah perbaikan tujuan & proses pendidikan di Indonesia.

 

Memutus mata rantai yang keliru. Tak hanya sekedar memaksakan hasil dan angka-angka.

 

Kita masih terlalu jauh dibandingkan Finlandia namun perlu kesabaran menempuh langkah-langkah kecil ke arah perubahan termasuk dari orang tua di keluarga masing-masing.

—-

Implementasi karakter Fathonah, dimensi Komunikasi

 

Karakter A.L.I.F.A

A : Amanah

L : Loyal pada Allah SWT

I : Inisiatif

F : Fathonah

A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat