Latihan Taat pada Ketentuan (Suplemen di Masa Orientasi)

SAMBUT RAMADHAN (Membimbing Jiwa Kembali pada Ketaatan)
04/05/2019
Berkumpul dengan Ayah Bunda (Sesi Menyamakan Persepsi & Frekuensi)
21/07/2019

Ayah Bunda,
Di kehidupan nyata, Ananda menemui ragam aturan dan ketentuan yang tak selamanya berisi hal yang ia suka. Mensterilkannya dari tantangan kehidupan nyata hanya akan berakibat lemahnya jiwa meski usianya terus bertambah.

Sejak dini Ananda perlu didampingi untuk mampu menjalankan ragam aturan. Sesederhana menyusun sendal/ sepatu di rak dengan benar.Mengembalikan barang yang ia gunakan pada tempatnya. Meminta izin jika ingin menggunakan milik orang lain (kakak, adik, orang tua, teman), dll.

Demikian pula ketentuan untuk hadir ke sekolah. Jika sekolah adalah keputusan yang telah dipilih oleh orang tua, maka Ayah Bunda perlu membimbing Ananda untuk siap hadir. Namun apapun perubahan yang hendak diterapkan tentunya perlu dilakukan dengan tahapan yang menyenangkan.

Selalu bangun diskusi santai tentang kenapa dan ada apa di sekolah. Diskusi yang tentunya perlu beberapa kali. Sesampai di sekolah pun belum tentu hatinya nyaman. Seperti halnya orang dewasa yang juga perlu waktu menerima perubahan. Namun inilah latihan pembentukan diri.

Ketika hatinya belum nyaman, orang dewasa (guru + ortu) perlu menolong mereka hadir dengan tenang, nyaman lahir bathin dan membantu Ananda mengenali emosi yang sedang ia rasakan.

Sayangnya, tak jarang orang dewasa “kalah” dengan reaksi Ananda yang menolak perubahan…
Respon ini akan diartikan oleh Ananda sebagai cara ampuh untuk “menundukan” orang dewasa…

Tenang lahir bathin adalah hadiah indah yang dibutuhkan Ananda dalam membangun jiwa…

Ayah Bunda..
Mendidik anak selalu saja tentang mendidik diri kita sendiri…
Selamat menikmati keseruan proses belajar bersama ini yha, Ayah Bunda…

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat