MAMPU BEREMPATI SEJAK DINI (Karena Hidup Bukan Hanya Tentang Diri Sendiri)

DUHHH, MALU NIH RUMAH BERANTAKAN (Dinding Rumah Bersih Vs Menyelamatkan Kreatifitas Anak)
24/05/2018
TUJUAN ANANDA DIDAFTARKAN SEKOLAH USIA DINI
21/07/2018

Ayah Bunda,

Tentunya gembira setiap kali melihat karya-karya yang dihasilkan Ananda. Namun, membuat karya saja tidak cukup, orangtua perlu mendukung Ananda agar ia mampu menghasilkan karya yang BERMAKNA.

 

Apa yang dimaksud dengan karya bermakna ?

Merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari proses berpikir dan empati terhadap kebutuhan/ persoalan/ masalah yang dihadapi orang lain.

 

Jika Ananda sudah mampu hadir sebagai sosok yang melahirkan karya bermakna, maka keberadaannya akan menjadi pribadi yang dinanti-nanti karena hadir membawa solusi. Namun menjadi sosok seperti ini bukan pekerjaan satu hari.

 

Kita barangkali dibesarkan dengan iklim yang berkompetisi sehingga sudut pandang kita menjadi sempit, hanya sebatas “bagaimana Saya bisa menang?”. Sehingga pihak dan orang lain adalah lawan yang perlu dikalahkan.

Jika persepsi ini yang dipupuk, mustahil muncul sikap empati dan tak akan ada karya bermakna.

 

Sudah saatnya kita putus mata rantai berkompetisi dan mengalahkan apalagi menjatuhkan orang lain. Dunia semakin kompleks, kebutuhan dan persoalan semakin rumit dan mustahil bisa diselesaikan seorang diri.

 

Bagaimana menggugah agar Ananda mampu menjadi pribadi yang darinya lahir Karya Bermakna ?

 

Berikut tips sederhana yang dapat Ayah Bunda lakukan di keseharian :

 

  1. Hadir sepenuh hati ketika Ananda sedang mengerjakan sesuatu, baik bermain lego, membuat gambar atau coretan yang asik ia lakukan.

  1. Ajak Ananda berdialog tentang karya yang sedang ia buat. Gugah dengan pertanyaan-pertanyaan dengan hati yang penuh penasaran.

 

  1. Ketika Ananda baru sebatas bicara tentang dirinya, tanyakan tentang keberadaan teman-temannya ataupun Ayah Bunda di dalam karya itu. Semisal : “Di dalam rumah-rumahan ini ada siapa saja, Nak?”

 

  1. Ajak ia sensitif terhadap lingkungan. Semisal : “Pohon yang dilukis ini bagus yha, pasti akan banyak burung cantik yang bermain di sana. Kira-kira apa yang akan mereka nyanyikan yha..?”

 

  1. Apresiasi setiap penjelasannya dan katakan betapa Ayah Bunda gembira bisa membuat karya bersama Ananda. Anak butuh keberadaannya dihargai agar ia merasa berharga dan muncul pula karya-karya berharga dan penuh Makna.

 

Selamat mencoba yha, Ayah Bunda…

Rumah semestinya menjadi tempat yang teduh untuk Ananda bertumbuh. Bukan hanya tentang waktu yang panjang bersama Ananda melainkan perhatian yang penuh penasaran akan karya-karyanya.

 

 

===================================
Ayah Bunda,
Pendaftaran siswa baru telah dibuka.
Kapasitas kelas di Alifa Kids sangat terbatas.

Untuk informasi detailnya silakan via Call Center

TK Alifa Kids Bandung : 0821 2272 2226

TK Alifa Kids Pekanbaru & Palembang : 0823 9272 6000

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat