MENDIDIK TANPA HUKUMAN & IMING – IMING

SUASANA SERU TRIAL CLASS (COBA KELAS) DI CABANG ALIFA KIDS KARAWITAN BANDUNG
01/02/2018
ALIFA KIDS CAMP (Menjaga dan Merawat Amanah Allah)
05/02/2018

Ayah Bunda,

Pada pertemuan Komunitas Guru Belajar kali ini diisi oleh bunda @Yuliapradina dari Alifa Kids untuk berbagi strategi mengajar yang sukses ia terapkan di kelas. Dimana tema pembahasan kali ini ialah “Mendidik Ananda Tanpa Hukuman & Iming-iming”.

 

Karena banyak salah kaprah pada guru yang mengeluh kesulitan untuk  mendisiplinkan siswa. Berbagai cara telah dilakukan mulai dari melakukan  pengawasan ketat, memberi instruksi melalui  teriakan, hingga cara yang paling sering dilakukan yaitu iming-iming berupa hadiah atau bahkan mengancam dengan halus.

 

Sejatinya pendidik yang hebat adalah pendidik yang mengajar dengan cara yang menumbuhkan.

 

Pendidik yang menumbuhkan adalah yang mampu menerapkan cara disiplin positif dalam mendampingi proses belajar anak. Ia mampu mengamati anak tanpa melakukan penilaian menerima apa yang terjadi sebagai kesempatan belajar.

 

Disiplin merupakan suatu proses belajar dengan arahan positif dan koreksi positif, dimana setiap anak diajarkan untuk berperilaku sesuai dengan aturan dan nilai berlaku yang berasal dari dalam diri sendiri sehingga mampu bertahan dalam jangka panjang.

 

Karena sebagai pendidik kita sering terjebak saat memberikan konsekuensi yang isi dan perlakuannya justru  merupakan bentuk hukuman. Maka seharusnya yang perlu disadari ketika anak melakukan kesalahan ialah melakukan proses komunikasi agar anak tahu apa dan mengapa serta kemampuan refleksi sebagai syarat untuk menuju konsekuensi yang  sebenarnya.

Konsekuensi yang tepat ialah yang memang berhubungan langsung dengan kesalahannya. Seperti misalnya saat anak menumpahkan air maka konsekuensinya adalah memintanya untuk mengeringkan bekas tumpahan tersebut.

 

Tujuan utama dari konsekuensi adalah memberikan pengalaman belajar. Anak diharapkan memahami dan menyadari akibat perbuatannya dan langkah yang perlu ia tempuh.

 

Mendidik tanpa Hukuman & Iming-iming memerlukan hati yang bersedia menjalani  proses yang panjang.

 

Pendidik semestinya mempunyai kemampuan untuk memberdayakan potensi anak dimulai dengan kemampuan  bertanya, kemampuan berpikir anak dan merefleksikan setiap  tindakan yang dilakukan, sehingga kita tidak lagi menjadi pendidik yang memberikan hukuman dan iming-iming dalam memotivasi anak utk belajar. Namun menumbuhkan motivasi belajar dalam diri Ananda.

 

Ayah Bunda,

Silakan simak artikel singkat (caption) tentang pendidikan Ananda di setiap postingan kami lainnya.

===========

Ayah Bunda,

Pendaftaran siswa baru telah dibuka.

Kapasitas kelas di Alifa Kids sangat terbatas.

 

Untuk informasi detailnya silakan inbox atau via Call Center : 0823 9272 6000

 

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat