PENDIDIK YANG MANDIRI (Inspirasi dari Bunda Guru Tini)

HADIR SEPENUH HATI (Inspirasi dari Ibu Dini, Bunda Azka)
20/09/2018
BUNDA GURU SERU BELAJAR DI HARI SABTU
23/09/2018

Ayah Bunda,
Tantangan menemukan pendidik terutama untuk usia dini adalah kualitas pendidik itu sendiri. Tak jarang kami menemui tamatan kependidikan namun sangat minim kepahaman tentang mendidik. Sehingga setiap tim yang masuk ke Alifa Kids perlu melewati serangkaian sesi training yang disiapkan manajemen Alifa Kids.

Namun betapa pun hebatnya isi pelatihan, jika pendidik yang belajar tak memiliki kecintaan dan kemandirian dalam proses belajar, maka hanya akan sia-sia. Seperti yang banyak kami temui selama sebelas tahun ini.

Tak banyak pendidik yang seperti bunda Tini, selain kreatif juga seorang pembelajar yang Mandiri. Senang menyiapkan berbagai media pembelajaran yang ia cari sendiri dan tak takut berbagi kepada sesama teman pendidik.

Diantara karya bunda Tini adalah pop-up book, puzzle 3 dimensi, boneka puppet, microplay dan lain-lain.

Pendidik sejatinya tak berdiam diri dan menjadi tikus mati di lumbung padi. Berbagai kemudahan sumberdaya dan informasi membanjiri untuk bisa mengupgrade diri.

Semoga semangat bunda Tini tertular kepada pendidik lainnya dan menyadari bahwa hanya yang terdidik yang layak mendidik.

Guru bukan pengasuh, melainkan pendidik. Sekedar membuat anak nyaman bukan indikator tunggal sebagai pendidik yang layak.

Karena “Baik belum tentu Benar” .


=====
Implementasi karakter Inisiatif, dimensi Mandiri

Karakter A.L.I.F.A
A : Amanah
L : Loyal pada Allah SWT
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat