PROSES BELAJAR ANANDA ADINDA (Makna beribadah kepada Allah)

YUK, MAU REPOT DEMI ANAK (Aksi Para Mama Kece Alifa Kids)
24/09/2019
PROSES BELAJAR ANANDA ADZKIA (Aku Mampu Menempatkan Diri)
24/09/2019

Ayah bunda,
Bukan hal mudah memperkenalkan konsep tuhan dan ibadah kepada anak usia dini. Selain karena sifatnya yang abstrak, mereka pun masih belum memahami tujuan hidup untuk beribadah kepada Sang Pencipta.

Anak masih belum mengerti mengapa kita perlu beribadah sementara mereka sedang asyik bermain. Mengapa perlu bersyukur atas mainan dan makanan yang enak padahal itu adalah pemberian orang tua mereka.

Di Alifa Kids, proses mengenalkan konsep beribadah dimulai dengan melakukan percakapan reflektif bersama anak mengapa itu penting bagi dirinya. Pendidik menggugah makna dari setiap kegiatan ibadah yang dilakukan. Selalu mengaitkan kecerdasan spiritual di setiap kegiatan lainnya.

Seperti Ananda Adinda, telah berproses menumbuhkan kesadaran untuk mau dan mampu melakukan ibadah shalat berjamaah di sekolah. Mampu menyadari aturan dan perintah Allah dikesehariannya.

Anak memiliki jiwa Hanif yang secara alami mendorong dirinya untuk mencari kebenaran dengan perilaku teladan orang dewasa dan lingkungan disekitarnya. Tugas pendidiklah (orang tua & guru) memahamkan mereka mengenai konsep spiritualitas dan ketaatan kepada Allah. Penyederhanaan konsep dan pendekatan yang sesuai sangat diperlukan agar anak mau melakukan perintah Allah dengan suka rela, dan bukannya terpaksa. Segala sesuatu yang dilakukan dengan terpaksa akan mendatangkan upaya untuk menghindar, sebaliknya kesukarelaan akan mendatangkan keinginan untuk berbuat lebih.

Memberikan pengertian kepada ananda bahwa salah satu upaya untuk menunjukkan kecintaan kepada orang tua adalah dengan menuruti perintah mereka. Begitu pun ketika kita hendak menunjukkan kecintaan pada Allah, salah satu jalan yang dapat dilakukan adalah dengan menuruti perintah Allah.

====
Karakter A.L.I.F.A
A : Alifa
L : Loyal Kepada Allah SWT
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat