PROSES BELAJAR ANANDA ADZKA (Aku berlatih mandiri)

PROSES BELAJAR ANANDA ALULA (Aku Mampu Berbagi Perhatian)
25/09/2019
PROSES BELAJAR ANANDA MILO (Percaya Diriku Tumbuh)
30/09/2019

Ayah bunda,
Memenuhi kebutuhan diri sendiri adalah suatu keterampilan yang diperlukan bagi anak sejak dini. Berlatih mengurus dan memenuhi kebutuhannya, seperti belajar makan sendiri, menggunakan dan melepas pakaian, membersihkan diri sendiri, dan lain sebagainya. Keterampilan ini diperlukan bagi anak untuk membuatnya tidak bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Berbagai keterampilan yang sudah dikuasai oleh anak akan memunculkan perasaan mandiri dan percaya diri pada anak. Pada akhirnya, anak akan merasa dirinya mampu dan percaya diri untuk bersosialisasi dengan dunia luar.

Anak memang tidak pernah mengungkapkannya, tetapi perasaan seperti itulah yang akan muncul pada diri anak atas keberhasilan belajarnya. Bentuk perhatian dan ungkapan kasih sayang dari orang terdekatnya sangat diperlukan mendukung proses berlatih ini.

Di Alifa Kids, kami berusaha terus mengembangkan keterampilan dan kemampuan anak. Pendidik senantiasa melatih dan mendorong ananda untuk mandiri. Ketika ananda berada ditengah-tengah teman-temannya, ananda senantiasa diberikan stimulus untuk mau belajar keterampilan-keterampilan baru dari teman sebaya. Proses belajar ini akan lebih mudah karena ananda mendapatkan contoh konkret dari teman seusia.

Seperti Ananda Muhammad Adzka Al Ghavi yang sedang bersemangat berproses mengembangkan keterampilan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, seperti berlatih makan sendiri dengan tetap diberikan pengawasan oleh bunda guru.

Kita selaku orang dewasa sangat ingin anak cepat mandiri mengurus dirinya sendiri dan kesabaran melatih anak pun menjadi tantangan utama. Alih-alih menemani anak berlatih memasang sepatu, kita kerap kali langsung memasangkannya. Karena anak berlatih mampu mandiri juga membutuhkan waktu. Kesadaran ini yang seharusnya kita miliki dalam mendampingi anak.

Ayah bunda, mungkin awalnya sebagai orang tua dan pendidik kita merasa anak kita masih terlalu kecil untuk mengurus dirinya sendiri. Memang, kematangan itu diperlukan untuk kesiapan belajar anak. Maka, jika dirasa anak sudah cukup matang dan siap, tidak ada alasan lagi untuk menunda memberikan pelajaran yang lebih tinggi. Kita perlu memahami kesiapan belajar anak berbeda-beda, untuk itu perhatian dan stimulasi yang diberikan pun berbeda.

BeforeAfterDiAlifaKids

====
Karakter A.L.I.F.A
A : Alifa
L : Loyal Kepada Allah SWT
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat