PROSES BELAJAR ANANDA ALFI (Menumbuhkan Pemahaman tentang Ibadah kepada Allah SWT)

CINTA YANG TERGESA-GESA?
29/10/2019
PROSES BELAJAR ANANDA IBRAHIM (Aku Mampu Berlatih Mandiri)
30/10/2019

Ayah bunda,
Memperkenalkan konsep Tuhan dan makna beribadah kepada anak usia dini bukanlah perkara mudah. Pada usia ini anak belum mengerti hal abstrak dan hanya memahami hal yang tampak nyata.

Anak belajar dari teladan yang berada di dekatnya. Anak melakukan dialog bersama orang dewasa, melihat secara langsung perilaku taat beribadah di keseharian sebagai upaya membangun pemahamannya tentang makna ibadah.

Di Alifa Kids, proses mengenalkan makna beribadah dilakukan dengan memberikan cerita singkat, percakapan reflektif dan menstimulus anak terlibat secara bertahap. Pendidik melakukan percakapan bermakna, menggiring anak untuk berpikir dan menyimpulkan pemahamannya.

Seperti Ananda Alfi, sedang berproses untuk mengerti secara sederhana mengapa beribadah itu penting. Mampu terlibat melakukan kegiatan sholat fardhu berjamaah bersama bunda di sekolah.

Anak selalu mencontoh perilaku orang dewasa yang berada di dekatnya. Diperlukan pendidik (orang tua & guru) yang benar-benar menghadirkan atmosfer yang menggiring anak menjadi pribadi spiritual.

Memberikan pemahaman kepada anak bahwa beribadah adalah kebutuhan kita sebagai makhluk ciptaan Allah di muka bumi.

=====
Karakter A.L.I.F.A
A : Amanah
L : Loyal Kepada Allah SWT.
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat