PROSES BELAJAR ANANDA ALULA (Aku Mampu Berbagi Perhatian)

PROSES BELAJAR ANANDA ADZKIA (Aku Mampu Menempatkan Diri)
24/09/2019
PROSES BELAJAR ANANDA ADZKA (Aku berlatih mandiri)
26/09/2019

Ayah Bunda,
Anak usia dini belum memiliki kemampuan dan terlatih untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Ia selalu memandang sesuatu menurut pandangannya sendiri dan berfikir bahwa dirinya adalah pusat dari dunia, yang mana semua orang harus memberikan perhatian pada dirinya.

Sejak dini anak berproses untuk mampu menjalani kehidupan sosial yang menuntutnya memiliki kemampuan mengerti dan memahami keperluan orang lain. Interaksi sosial dibangun di atas landasan saling memahami dan mengerti antar sesama. Jika tidak, maka keseimbangan dan keharmonisan dalam bersosialisasi akan terganggu.

Di Alifa Kids, anak distimulus dengan beragam situasi dan kondisi yang melatihnya untuk mengerti bahwa dunia ini bukan hanya tentang dirinya. Anak dikenalkan dengan ragam kegiatan dan situasi yang mendorongnya untuk menentukan sikap, meski anak merasa kecewa ketika guru tidak menuruti keinginannya, namun itulah pembelajaran yang perlu ia dapatkan untuk mengerti. Ananda belajar kecewa dengan aman.

Seperti Ananda Alula, sedang menikmati proses melatih diri untuk mengerti pilihan sikap dan perilaku yang tepat terhadap banyaknya situasi dan kondisi yang dialaminya di sekolah. Alula berlatih untuk mampu berkegiatan dengan atau tanpa perhatian utuh dari bunda guru. Alula mulai memahami bahwa teman-teman juga membutuhkan perhatian dari bunda guru, bukan hanya untuk dirinya.

Anak memiliki kegemaran yang dimunculkan pada perilaku sehari-hari. Tugas pendidik (orang tua & guru) untuk mengenali pintu masuk ketika berkegiatan bersama anak. Penting mengenali perasaan anak sebelum memulai kegiatan yang akan mempengaruhi seru & bermakna setiap aktivitas yang dilakukan.

Stimulus dan pendampingan secara konsisten menjadi kunci utama untuk melatih anak mengatur dirinya menentukan sikap secara wajar dan tepat. Sehingga anak secara perlahan menjadi mengerti ada kepentingan lain yang perlu anak ikuti meski ia tidak menyukainya.

BeforeAfterDiAlifaKids

====
Karakter A.L.I.F.A
A : Alifa
L : Loyal Kepada Allah SWT
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat