PROSES BELAJAR ANANDA ATHALA (Perjalanan Menumbuhkan Tanggungjawab)

PROSES BELAJAR ANANDA MILO (Percaya Diriku Tumbuh)
30/09/2019
GENERASI YANG MENJAGA ALAM
07/10/2019

Ayah Bunda,
Bukan hal mudah memperkenalkan konsep tanggungjawab pada anak di bawah usia 3 tahun. Selain karena anak masih belum mengerti dan memahami konsep sebab akibat dari sebuah tindakan, pemikiran anak pun masih terbatas pada hal-hal konkret.

Mengapa perlu berlatih merapikan kembali mainan dan perlengkapan makan setelah digunakan. Sementara anak masih beranggapan ada orang tua yang akan selalu membantunya.

Di Alifa Kids, proses mengenalkan dan menumbuhkan sikap tanggung jawab pada anak distimulus dengan melakukan berbagai aktivitas keseharian secara sederhana. Pendidik mendampingi dan memberikan pengertian dari setiap perilaku yang dilakukan. Percakapan reflektif menjadi kunci utama untuk menggiring anak membangun pemahamannya.

Seperti Ananda Athala, sedang menikmati proses berlatih menumbuhkan sikap tanggungjawab pada dirinya. Mampu merapikan tempat makanan dan minuman setelah digunakan. Athala juga sudah mampu mempengaruhi lingkungan terdekatnya untuk melakukan kebaikan seperti yang dirinya lakukan.

Pendekatan yang sesuai sangat diperlukan agar anak mau berlatih melakukan instruksi dengan suka rela dan tanpa paksaan. Kesukarelaan dari sikap anak akan menumbuhkan motivasi internal yang lebih kuat.

Proses memberikan pemahaman, menyiapkan situasi, mengapresiasi upaya, hadir sepenuh diri dan terlibat bersama merupakan elemen penting yang dibutuhkan dalam proses melatih anak.

#BeforeAfterDiAlifaKids

====
Karakter A.L.I.F.A
A : Alifa
L : Loyal Kepada Allah SWT
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat