PROSES BELAJAR ANANDA IBRAHIM (Aku Mampu Berlatih Mandiri)

PROSES BELAJAR ANANDA ALFI (Menumbuhkan Pemahaman tentang Ibadah kepada Allah SWT)
29/10/2019
KEHEBATAN MATERI VS KARAKTER DIRI (Sebuah Renungan untuk Keluarga)
01/11/2019

Ayah Bunda
Pada usia antara 1-3 tahun adalah fase dimana seorang anak mulai belajar menentukan arah perkembangan emosional, kepercayaan diri, kecakapan bersosialisasi serta kemampuan diri dimasa mendatang.

Umumnya anak menunjukkan sikap sangat aktif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, haus akan perhatian orang terdekat dan belum mengerti secara utuh tindakan yang dilakukannya.

Bukan hal sulit agar anak memiliki sikap mandiri sejak dini. Tantangannya sejauh mana kita selaku orang dewasa mengawal diri secara konsisten menstimulus & mendampingi anak berproses.

Di Alifa Kids, proses menumbuhkan kemandirian anak dilakukan dengan mempraktekkan kegiatan sehari-hari secara bertahap. Dimulai dengan memberikan contoh, dibantu dengan dampingan, dan berlatih sendiri. Pendidik hadir sepenuh diri, menyalurkan energi positif dan percaya pada kemampuan anak.

Seperti ananda Ibrahim, sedang menikmati proses berlatih mandiri, mampu makan sendiri, melepaskan dan menyusun sepatu tanpa perlu diingatkan. Ananda menunjukkan kemauan yang kuat mengikuti arahan dan dampingan bunda guru berlatih melakukan aktivitas tanpa meminta bantuan.

Sejatinya tugas pendidik (orang tua & guru) memanfaatkan berbagai kesempatan dikeseharian untuk menstimulus anak. Menyiapkan situasi berlatih, hadir utuh mendampingi anak, membangun percakapan reflektif dan apresiasi terhadap upaya anak menjadi elemen yang diperlukan dalam proses ini.

Hal lainnya yang juga sangat berpengaruh yaitu kerjasama dan komunikasi positif antara orang tua & guru dalam rangka menyelaraskan proses stimulus antara di rumah & sekolah.

======
Karakter A.L.I.F.A
A : Amanah
L : Loyal Kepada Allah SWT.
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat