PROSES BELAJAR ANANDA MILO (Percaya Diriku Tumbuh)

PROSES BELAJAR ANANDA ADZKA (Aku berlatih mandiri)
26/09/2019
PROSES BELAJAR ANANDA ATHALA (Perjalanan Menumbuhkan Tanggungjawab)
04/10/2019

Ayah Bunda,
Selaku orang tua dan pendidik kita sangat menginginkan anak menjadi bahagia, penuh empati dan percaya diri. Membangun sikap percaya diri dimulai dari kesadaran rasa percaya diri yang berasal dari dalam diri anak. Kepercayaan menjadi kunci utama untuk mendukung anak.

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah sebuah proses bertahap. Bentuk dukungan terbaik adalah mengekspresikan keyakinan kita atas kemampuan anak secara terbuka. Apresiasi terhadap proses berlatih sangat dibutuhkan anak dari orang terdekatnya.

Di Alifa Kids, proses berlatih menumbuhkan sikap percaya diri anak dengan menaruh kepercayaan utuh pada kemampuannya, guru yang hadir sepenuh diri, mendampingi melewati beragam situasi dan kondisi sebagai proses latihan anak. Pendidik rutin merefleksi proses yang sudah dilewati anak, mengambil pembelajaran berharga yang dipahami bersama dan mengapresiasi upaya dirinya dengan tulus.

Seperti Ananda Milo, telah berproses mematangkan sikap percaya dirinya di keseharian. Mampu melewati proses dan meyakinkan pada dirinya untuk mampu berkegiatan tanpa perlu didampingi oleh bunda guru.

Sejatinya setiap detik anak selalu bersemangat untuk mengeksplorasi dunia sekitarnya. Terkadang anak perlu diyakinkan kembali terhadap kemampuan besar yang ada dalam dirinya. Tugas pendidiklah (orang tua & guru) menyadari dan hadir sepenuh diri mendampingi anak berproses tahapan demi tahapan sesuai perkembangannya.

Mendukung anak untuk percaya pada kemampuan dirinya dimulai dengan melatih anak mengartikulasikan kata-kata positif pada dirinya. Menciptakan lingkungan yang aman bagi anak untuk mencoba hal-hal baru dan mendampingi anak untuk mengatasi ketakutannya terhadap hasil. Konsisten memberikan pengakuan positif saat anak berhasil melewati setiap proses.

====
Karakter A.L.I.F.A
A : Alifa
L : Loyal Kepada Allah SWT
I : Inisiatif
F : Fathonah
A : Adil

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat