PROSES MEMBACA YANG RAMAH ANAK

TIPS MENGHADAPI ANANDA KETIKA TANTRUM
22/02/2018
MENCIPTAKAN SISTEM PENDIDIKAN LEBIH BAIK DI INDONESIA MELALUI 3 PILAR
23/02/2018

Ayah Bunda,
Tanpa disadari seringnya kita memiliki pandangan bahwa “membaca” adalah hasil akhir dari pendidikan usia dini.

Tetapi, tahukah Ayah Bunda, membaca BUKAN produk instant dari sebuah proses belajar. Terdapat beberapa tahapan agar Ananda mampu membaca hingga mereka benar-benar siap memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Bukan melalui proses drilling (dipaksa, dikarbit, digegas dengan berbagai ketakutan), melainkan ada tahapan yang mesti diperhatikan bagi setiap kebutuhan usianya. Menyiapkan Ananda membaca dengan target tertentu dapat merusak fokus Ananda. Karena membaca bukan perkara menamatkan bacaan pada sebuah buku, melainkan menstimulasi kemampuan BERPIKIR kritis Ananda pada tulisan yang ia baca.

Tidak salah juga bila kita memberlakukan pelatihan membaca bagi Ananda, tetapi perlu rentang waktu agar Ananda nyaman dan siap untuk belajar membaca.

Pada usia dini, mengajarkan Ananda membaca perlu dimulai dengan banyak stimulasi dasar seperti halnya melihat gambar adalah bentuk membaca yang paling sederhana.

Tahap terpenting selanjutnya ialah dengan pengenalan bunyi huruf. Ananda perlu melafazkan bunyi suku kata terlebih dahulu sebelum menyempurnakan kata-kata yang akan mereka ucapkan.

Tak jarang, kita melewati tahapan ini. Tidak memperhatikan bagaimana Ananda menyebutkan huruf bahkan untuk “meluruskan” kata yang mereka ucapkan masih terabaikan.

Ayah bunda, yuk kita latih vocal cord Ananda terlebih dahulu sebelum mereka memasuki tahap membaca awal ?

Ayah Bunda,
Silakan simak artikel singkat (caption) tentang pendidikan Ananda di setiap postingan kami lainnya.
===========

Ayah Bunda,
Pendaftaran siswa baru telah dibuka.
Kapasitas kelas di Alifa Kids sangat terbatas.

Untuk informasi detailnya silakan inbox atau via Call Center : 0823 9272 6000.

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat