SEKOLAH, MENGUBAH KEBIASAAN ANANDA (Sudahkah Kebiasaan Ortu Turut Berubah?)

GENERASI YANG MENJAGA ALAM
07/10/2019
PROSES BELAJAR ANANDA SULTAN (Perjalanan Menumbuhkan Kemandirian)
09/10/2019

Ayah Bunda,
Ketika Ananda mulai memasuki kehidupan baru dengan bersekolah, berbagai kebiasaan baru pun perlu perlahan ditumbuhkan. Seperti halnya orang dewasa, anak pun perlu waktu & KONSISTENSI dalam mengawal perubahan kebiasaannya.

🍓Bangun lebih pagi berarti perlu disiplin tidur lebih awal. Terpapar & berlama-lama dengan gadget dan televisi adalah penghalang suksesnya sesi bangun pagi karena efek ‘screen’ membuat otak kita masih terbangun, sehingga sulit tidur lelap.

🍓Menyiapkan segala kebutuhan di malam hari agar tak tergesa-gesa di pagi hari, bisa menjadi jalan memuluskan pagi yang terkadang butuh “mood” baik. Mengajak Ananda menyusun baju, sepatu dan perlengkapan lainnya di malam hari.

🍓Menyusun jadwal malam dan pagi hari berbentuk visual yang menarik agar Ananda bisa memahami apa yang menjadi “ritual” baru di kesehariannya.

🍓Menggunakan alarm yang diatur dengan durasi tertentu agar Ananda belajar memahami batasan waktu. Semisal, mandi 10 menit dan selesai begitu alarm berbunyi. Berpakaian 5 menit, sarapan 10 menit, memasang sepatu dan seterusnya.


Sesi ini mengajarkan Ananda tentang konsekuensi dan tanggungjawab. Bahwa kehidupan nyata berisi aturan-aturan yang perlu dijalankan meski tak disukai.

Ayah Bunda,
Jika ananda saja perlu dikawal menyesuaikan diri, maka orang tua pun perlu sadar dan mengubah kebiasaan diri ketika memilih menyekolahkan Ananda.

Orang tua tak bisa lagi bangun pagi dengan tergesa-gesa. Menyiapkan sarapan yang ala kadarnya atau bahkan belum tuntas menyiapkan Ananda ke sekolah dengan perlengkapan yang belum utuh, tubuh yang belum bersih dan segar dengan mandi pagi.

Setiap kebiasaan yang dipertontonkan oleh orang tua akan menjadi teladan bagi anak. Tentu kita tak ingin ananda berkarakter lemah karena di keseharian menyaksikan orang tua yang terus tergesa-gesa, serba ketinggalan dan membiarkan ananda ke sekolah tanpa mandi pagi misalnya.

Mendidik berarti menyiapkan atmosfer, ananda MENGHIRUP setiap yang dilakukan oleh orang tuanya, baik ketika sedang berhadapan meski pun ketika sedang berjauhan.

Yuk, Ayah Bunda
Berikan teladan untuk Ananda dimulai dari rumah masing-masing. Untuk kelak ia memiliki peran dan karir yang baik, diperlukan karakter yang piawai mengelola diri. Mari kita sajikan teladan itu sedari dini…

Selamat berproses yha, Ayah Bunda…
Di awal, selalu saja menantang, lama-lama jadi kebiasaan dan mudah dilakukan…

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat