Teknik Komunikasi yang Membuat Ananda Nyaman

SUASANA SEMINAR PARENTING ALIFA KIDS PEKANBARU
25/04/2018
GRADUATION ANANDA ALIFA KIDS (Modal Kesuksesan : KARAKTER DIRI)
13/05/2018

Ayah Bunda,

Barangkali pernah merasakan kehabisan cara untuk menuntun Ananda melakukan berbagai hal baik di kesehariannya. Kadang tak jarang keinginan itu berujung marah, karena merasa bahwa jika sudah dengan nada tinggi (marah) barulah ia mendengar dan mengikuti.

 

Padahal tak demikian adanya, Ayah Bunda. Ada cara yang lebih efektif dalam berkomunikasi berpengaruh positif bahkan untuk jangka panjang di kehidupan Ananda, yakni dengan metode Bertanya :

Berikut ini beberapa Tips Bertanya kepada Ananda yang dapat Ayah Bunda coba :

  1. Kenali keadaan emosi Ayah Bunda saat itu, hindari berkomunikasi ketika sedang dalam emosi yang tak baik.
  2. Hindari pertanyaan “Kenapa”, karena ketika ditanyakan terkait dengan sebuah masalah, maka yang akan menjadi jawaban adalah poin-poin alasan. Hal ini hanya akan melatih Ananda pandai dalam mencari-cari alasan karena takut disalahkan.
  3. Kualitas jawaban akan bergantung kepada kualitas pertanyaan. Maka gunakan jenis pertanyaan “Apa’ atau “Bagaimana”. Kedua jenis pertanyaan ini akan membantu Ananda fokus pada solusi dan mengajaknya berpikir mendalam.
  4. Sadari bahwa ketika bertanya artinya kita bersiap menyimak dan menghargai jawaban, apapun isi jawaban tersebut. Hadirlah lahir bathin dan simak pendapatnya. Ayah Bunda akan merasa takjub ketika mendengarkan bahwa Ananda sebenarnya jiwa mungil yang juga mampu punya buah pikir.
  5. Berikan lagi pertanyaan atas jawaban-jawabannya (lalu, apalagi… lalu, bagaimana…?). Proses ini akan membantu Ananda berpikir pada tingkat yang mendalam. Anak yang terbiasa diajak berdiskusi dengan pertanyaan dan dihargai jawabannya akan terlatih berpikir sebelum bertindak.
  6. Di akhir bercakapan, tutup dengan merangkum kembali apa yang telah Ananda sampaikan dan jadikan kesepakatan bersama. Kesepakatan perlu dikawal dan diingatkan, karena kesadaran adalah buah yang tak tumbuh seketika, ia perlu dirawat dan dipupuk dengan dialog harian.

 

Selamat mencoba ya, Ayah Bunda…

Bertanya jauh lebih efektif dari pada memerintah apalagi memarahi. Anak bertumbuh perlu modal dari orang tua, modal utamanya adalah kepercayaan tanpa syarat pada Ananda.

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat