TIPS AGAR ANANDA NYAMAN KEMBALI BERSEKOLAH

MENGHUBUNGKAN PENGETAHUAN & PEMAHAMAN
08/01/2019
SIANG HARI SESI KAYA PENGALAMAN & PENUH KARYA
09/01/2019

Ayah Bunda,

Setelah liburan menjadi sesi menantang lagi yha untuk orang tua dan bunda guru karena Ananda perlu membangun kebiasaan dan merasa nyaman dengan suasana sekolah yang baginya “baru” setelah beberapa hari memiliki rutinitas yang berbeda.

Selayaknya orang dewasa yang selalu butuh waktu untuk beradaptasi, anak-anak juga demikian. Kecepatan beradaptasi antara anak satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda, tergantung usia dan bawaan emosinya.

Kerjasama dan rasa nyaman lahir bathin dari Ayah Bunda adalah faktor penting agar Ananda cepat “move on” dari suasana hatinya yang belum nyaman.

Berikut beberapa Tips sederhana yang dapat Ayah Bunda lakukan memasuki sesi “Back to School” :

1. Selalu berdiskusi dengan Ananda bahwa ia akan segera kebali ke sekolah, bertemu teman-teman, guru dan berkegiatan seru di sekolah…

2. Bantu Ananda mengenali emosi yang ia rasakan ketika di sekolah tiba-tiba menangis. Apakah ia merasa takut jauh dari orang tua, ingin lebih lama libur, masih belum menemukan teman akrabnya atau faktor lainnya…

Tugas kita adalah menanyakan dan menebak-nebak apa yang ia rasakanya karena anak akan memperbaiki dengan bahasanya jika tebakan kita belum tepat.

3. Pamit dengan berterus-terang kepada Ananda, tanpa sembunyi apalagi membohongi. Sampaikan dengan tegas namun tenang bahwa sesi sekarang adalah saatnya bersekolah. Ketegasan namun tenang akan dirasakan oleh Ananda. Anak mudah mengetahui jika ternyata orang tuanya masih bisa “ditaklukan”.

4. Percayakan pada bunda Guru, karena di Alifa Kids akan selalu mencari cara untuk membantu Ananda nyaman. Jika ada hal yang tak kondusif, pasti akan dikomunikasikan kepada Ayah Bunda.

5. Hindari menakut-nakuti ataupun mengiming-imingi Ananda. Mari bantu Ananda memiliki kebiasaan baik karena kesadaran diri, bukan karena faktor luar dirinya…

Selamat mencoba yha, Ayah Bunda…

Bersabar pada setiap proses adalah nafas dalam mendidik

#11TahunAlifaKids

 

 

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat