TIPS MENGHADAPI ANANDA KETIKA TANTRUM

MENUMBUHKAN CINTA BELAJAR MELALUI PROSES ALAMI (Tanpa Paksaan dan Ketakutan)
21/02/2018
PROSES MEMBACA YANG RAMAH ANAK
23/02/2018

Ayah Bunda,
Pernahkah mengalami kejadian dimana Ananda menangis kencang, berguling-guling, menendang, berteriak serta membanting barang. Namun tidak berselang lama, dia berhenti dengan sendirinya?

Ayah Bunda,
Hal tersebut dinamakan Temper Tantrum. Temper Tantrum adalah suatu kondisi emosional yang umum dialami oleh anak-anak usia 1-4 tahun. Terjadi pada anak-anak yang belum mampu menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan rasa frustrasi mereka akibat tidak terpenuhinya keinginan atau hanya sekedar ingin untuk mendapatkan perhatian dari orangtua saja.

Lalu apa yang Ayah Bunda perlu lakukan ketika Ananda mengalami Tantrum?

1. Tetap tenang agar Ayah Bunda tidak ikut panik atau bahkan tertular emosi negatif yang sedang dialami Ananda.

2. Posisikan tubuh Ayah Bunda sejajar dengan Ananda dan beri perhatian sambil mengingatkan Ananda tentang kesepakatan yang disepakati bersama. (Pastikan selalu membangun kesepakatan dalam setiap aktifitas bersama Ananda) .

3. Berikan pelukan kepada Ananda dan sampaikan bahwa Ayah Bunda sangat menyayanginya, agar Ananda tahu bahwa Ayah Bunda peduli dengan apa yang ia rasakan.

4. Jangan menyerah pada kemarahan Ananda, Ketika Ayah Bunda menyerah, ia belajar untuk menggunakan perilaku yang sama ketika mereka menginginkan sesuatu.

5. Kesalahan yang sering terjadi ketika menghadapi anak yang tantrum ialah dengan membujuk Ananda dengan imbalan yang lain untuk menghentikan kemarahannya, alhasil Ananda belajar untuk mendapatkan imbalan.

6. Singkirkan benda-benda yang berpotensi berbahaya dari anak dan jangan lupa berikan pujian atas kerelaan Ananda untuk proses pembelajaran yang ia lewati saat Tantrum.

Ayah Bunda, menghadapi Ananda yang mengalami Tantrum membutuhkan kasih sayang utuh serta melalui proses yang berulang, ketika gagal jangan pernah berhenti untuk mencoba kembali.

Sekian tips menghadapi Temper Tantrum Anak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba Ayah Bunda.

Comments

comments

Comments are closed.

WhatsApp chat